Ditulis oleh: Unknown Friday, May 16, 2014


Pengunjung di Pameran 'Kessian Cephas' oleh Cahyadi Dewanto, Juli 2012. 


Ada beberapa tulisan feature yang sengaja saya publikasikan di Kompasiana.com/afsee, sebagai bentuk latihan saya di media warga. Lagipula, rasanya media besutan Kompas.com ini sangat membuka kesempatan bagi orang untuk melatih keterampilan jurnalistiknya, meskipun tidak punya latar jurnalistik profesional. 

Nah, karena saya baru aktif mempelajari feature dalam enam bulan terakhir, maka tidak banyak tulisan lama yang menyerempet kriteria-kriteria tulisan berita sosok/kisah, sebagaimana saya jelaskan di tulisan pertama. Tapi biarlah, hitung-hitung bahan pelajaran buat saya sendiri dan teman-teman yang kiranya tertarik juga, saya tampung selebih-arsip tulisan saya.

Semoga saja, setelah ini ada banyak lagi tulisan feature yang bisa saya susun, dan karakternya bisa lebih kuat. Di samping memang, ya masih belum banyak warga nonjurnalis yang tertarik jenis tulisan ini.

Selamat membaca.


Saya pertama kali terkesan dengan kinerja sosial Bu Purwanti pasca-meletusnya Gunung Merapi akhir 2010 lalu. Kami, anak-anak pendatang yang waktu itu kebingungan menyalurkan dana sumbangan ...

Di sebuah acara pelatihan 2010 lalu, oleh seorang laki-laki tua –saya terka usianya di atas 60– pernah diberitahu begini: bahwa kalau mau sehat, makan malam ...

Sebetulnya, persoalan rancangan peraturan tentang ‘ilmu hitam’ atau santet tidak akan seheboh ini diperbincangkan publik jika berita yang lebih lanjut tidak mengejutkan. Maksudnya, jika para ...

September lalu saat akhirnya bisa bertemu langsung dengan Tun Mahathir Mohamad, saya mewanti-wanti harus seperti apakah sikap saya. Sebagai informasi, pada 4 September 2012 lalu ...

Pertanyaan lama yang belum terjawab soal pewarta warga, salah satunya adalah sejauh mana kita (yang berlaku sebagai pewarta warga, tentunya) bisa menggapai sumber berita. Apakah ...

Kessian Cephas: Melacak Jejak Pribumi Jurufoto Pertama (22/7/2012)
Isaac Groneman sedang menyusun bukunya In den Kedaton te Jogjakarta ketika menghentikan gerak jari-jarinya di atas papan ketik. Penulis itu bingung cara menemukan foto-foto yang ...

Ada beberapa dari tulisan di atas yang saya rekomendasikan bagi teman-teman yang serius belajar feature, semisal kisah Kessian Cephas yang saya sengaja rekam dari pengalaman menghadiri pamerannya, Bicara di Depan Idola yang merupakan pengalaman berharga saya ketemu Mahathir Mohammad, dan beberapa di tulisan pertama.

Semoga bermanfaat.

1 Komentar
Tweet
Komentar FB

1 komentar | Baca dan Tambahkan komentar

Baca juga:

Memuat ...

Lingkar baca

Linikala

- Copyright © BUKU FANDY - Hak cipta dilindungi Undang-undang. - Desain Blogger oleh Johanes Djogan -