Ditulis oleh: Unknown Tuesday, May 13, 2014




Seperti yang sering saya singgung beberapa minggu terakhir di Twitter, saya sedang gandrung-gandrungnya mempelajari cara tulis-menulis berita kisah/sosok, atau yang lazim disebut 'feature'. Editor Komunitas Kompas.com Pepih Nugraha membalas tweet saya suatu waktu soal ini dengan menjelaskan:

Nah, maka dari itu, saya coba melihat kembali beberapa tulisan saya di masa lampau (jiah...!) yang sekiranya... sekiranya, di benak saya, agak bersentuhan atau mungkin sudah berbentuk feature. Sekali lagi, saya belajar teknis dan non-teknisnya, dan semoga prosesnya lancar.

Kalau ada masukan, jangan ragu untuk komentar ya. Siapa tahu kita sama-sama tertarik bahas ilmu satu ini. Berikut beberapa tulisan saya di Kompasiana yang berupa reportase (feature):

Setelah upaya demonstrasi menolak relokasi tidak membuahkan hasil pada Kamis (6/2/2014) lalu, Hari Minggu ini para pedagang pasar ‘Sunday Morning’ atau ‘Sunmor’  UGM ...

Waktu itu pertengahan 1970, musim hujan baru berlalu. Setyawati, perempuan paruh baya, bersama suaminya, duduk menghadap keramaian depan rumah. Di situ mereka mengambil keputusan penting ...

Tak satupun dari warga Dusun Ngelepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman menyangka kehidupan mereka akan berbalik karena bencana alam. Pada 27 Mei 2006, dusun ...

Sudah diumumkan Jumat (11/10/2013) bahwa peraih hadiah Nobel Sastra tahun ini jatuh kepada penulis cerita-cerita pendek Alice Munro. Alice, saat ini berusia 82 tahun, merupakan penulis ...

Usaha berbasis pemberdayaan masyarakat lewat perkebunan pepaya dan durian yang digeluti wirausahawan Mas Jiwo Pogog di Desa Pogog, Kelurahan Tengger, Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri kini ...

Tidak ada yang menyangka sebelumnya, sebuah desa kecil yang dulunya “begitu-begitu saja”, jarang dilirik pemerintah, kini jadi pusat agrobisnis yang memajukan masyarakat. Dulunya desa Pogog ...

Sudah lama saya ingin menulis kisah tokoh yang tidak terlalu mainstream[ed]. Kemudian ingat sudah lama juga saya mau menulis kisah perjuangan seorang dosen yang (setidak-tidaknya ...

Bagaimana pekerjaan lepas (freelance) bisa menyemangati? Perkara kerja “borongan” tanpa sistem remunerasi mau tidak mau harus berkutat dengan satu-satunya motivasi finansial: honor. Selama tiga bulan ...

Saya mempelajari fenomena musik koplo dengan dua kacamata: sosial dan hukum. Sudut pandang sosial memosisikan musik koplo sebagai bentuk penyaluran perasaan kolektif yang merefleksi kemiskinan, ...

Dalam sebuah jalan santai sore bulan September 2009, saya bertemu Ari. Waktu itu lalu lintas padat di persimpangan Mirota Kampus, Yogyakarta dan saya tertarik menghampiri ...

(bersambung...)

------------------------
Ilustrasi: Pinggiran Jakarta oleh @RatihAlRasyid

Apa pendapatmu?

Berlangganan Tulisan | Berlangganan Komentar

Baca juga:

Memuat ...

Lingkar baca

Linikala

- Copyright © BUKU FANDY - Hak cipta dilindungi Undang-undang. - Desain Blogger oleh Johanes Djogan -